Pages

Rabu, 11 Mei 2011

Pentingnya Menguasai Bahasa Asing

Tidak dapat kita pungkiri bahwa kemampuan berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, sangat diperlukan untuk dapat bersaing di era globalisasi dan pasar bebas.

Namun sangat disayangkan kemampuan berbahasa asing kebanyakan penduduk di Indonesia masih jauh di bawah rata-rata dan nampaknya terus menujukkan gejala menurun. Kurangnya kemampuan berbahasa asing inilah yang menimbulkan kesulitan tersendiri bagi tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja atau bersekolah di luar negeri. Seringkali mereka kalah bersaing dengan bangsa lain di ASEAN yang kemampuan berbahasa asingnya memang diakui jauh lebih baik.

Selain peran dari setiap intitusi/lembaga pendidikan untuk "mencetak" lulusan yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, diperlukan juga dukungan dari setiap Pemerintah Kabupaten/Kota (khususnya Dinas Pendidikan) agar upaya ini dapat berjalan dengan baik.

Metode pengajaran yang dapat diterapkan untuk mengajar bahasa asing dalam sebuah kelas dapat bermacam-macam, namun terkadang sulit untuk menentukan mana yang terbaik untuk diterapkan bagi kelas tertentu. Misalnya, apakah seluruh siswa harus belajar bersama, dibagi dalam beberapa kelompok atau lebih baik mereka belajar sendiri. Dengan menggunakan laboratorium bahasa, semua permasalahan tersebut dapat teratasi, karena dalam sebuah kelas laboratorium bahasa semua metode pengajaran dapat dilaksanakan dengan efektif dan efesien.

Mengingat pentingnya fungsi laboratorium bahasa dalam program pengajaran bahasa asing dengan adanya nilai tambah seperti yang telah diuraikan diatas, maka alangkah baiknya jika sekolah atau instansi/perusahaan/departemen untuk memiliki fasilitas laboratorium bahasa.

Dengan adanya fasilitas laboratorium bahasa ini, diharapkan program pengajaran bahasa asing akan menjadi semakin baik, sehingga setiap institusi/lembaga pendidikan dapat mencetak lulusan-lulusan yang siap menghadapi persaingan pasar kerja global dengan bermodalkan penguasaan bahasa Inggris yang baik.

Kebanyakan orang cenderung berpikir, begitu mahal biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat memiliki sebuah laboratorium bahasa. Namun tidak demikian dengan 
produk sistem pembelajaran bahasa yang dimiliki PT. Parchaindo Utama yang juga menyediakan kategori produk yang memiliki banyak fungsi penunjang dengan harga relatif terjangkau

1 komentar:

  1. bener gan, jaman sekarang kalau nggak bisa bahasa asing khusus bahasa inggris susah berkembang gan ,
    mampir gan :)

    BalasHapus

makasih udah kasih koment yahh..keep bloggins